|

Satgas TRC-IKB Dikukuhkan, Pemkab Sekadau Apresiasi RAPI

Foto Bersama usai Pengukuhan TRC-IKB RAPI Wilayah 13 Sekadau
SEKADAU - Ketua Wilayah Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Sekadau, Kundori (JZ21LKD) mengukuhkan Pengurus Satuan Tugas (Satgas) Tim Reaksi Cepat Infomasi Komunikasi Bencana (TRC-IKB) Masa Bhakti 2022-2026. Acara yang dilanjutkan Pelatihan Kebencanaan digelar di Mess Pemda, Kamis (19/1/2023) pagi dibuka oleh Bupati Sekadau yang diwakili Sekda Mohammad Isa.

"Pemerintah Kabupaten Sekadau mengapresiasi peran strategis organisasi RAPI dalam kegiatan sosial, kebencanaan dan pembangunan di Kabupaten Sekadau. Mengingat sebagian wilayah di Kabupaten Sekadau termasuk rawan bencana, RAPI diharapkan tetap maksimal dalam pengelolaan informasi dan edukasi kebencanaan serta pembangunan sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara luas," kata Sekda dalam sambutannya.

Menurut dia, dengan pengukuhan ini diharapkan Satgas TRC-IKB RAPI bisa menjadi mitra kerja pemerintah daerah dapat bersinergi dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Sekadau, melalui program unggulan IP3K mari wujudkan Kabupaten Sekadau yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat.

"Untuk itu, saya minta kepada instansi terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk memberikan dukungan kepada RAPI dalam berkiprah menjalakna kegiatan kemanusiaan,"tegasnya.

Ketua Daerah 21 RAPI Kalbar, Budi Santoso (JZ21LBS) yang diwakili Bidang Hukum dan Inovasi Organisasi, Heri Irawan (JZ21LHI) mengatakan, Keberadaan TRC-IKB Kabupaten Sekadau dimaknai sebagai upaya RAPI untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

"Hal ini dilakukan tentunya agar masyarakat dapat merasakan manfaat dan keberadaan dan kiprah Organisasi Rapi dengan melaksanakan kegiatan sosial yang aplikatif, terencana dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," kata Heri Irawan.

"Tentunya, RAPI Kalimantan Barat mengapresiasi RAPI Kabupaten Sekadau. Meski baru 1 tahun tapi sudah banyak melakukan tugas yang sangat luar biasa. Untuk itu, saya juga mengucapkan selamat kepada TRC-IKB Kabupaten Sekadau dan saya berharap agar hal ini dapat menjadi motivasi untuk Kabupaten lainnya," ucap Heri.

Ketua RAPI Sekadau Kundori saat kukuhkan TRC-IKB
Ketua RAPI Wilayah 13 Sekadau, Kundori (JZ21LKD) mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana yang sudah menyiapkan acara ini.

"RAPI Sekadau mulai berkiprah sejak tahun 2021 dimana saat Banjir Besar melanda Kabupaten Sekadau. RAPI ikut turun dalam memberikan Bantuan Komunikasi bahkan membantu menyalurkan bantuan kepada korban banjir," kata Kundori.

"RAPI juga memiliki 4 satgas yakni Satgas TRC-IKB, Satgas Jarkom (Jaringan Komunikasi), Satgas Bansos (Bantuan Sosial) dan Satgas Rider. Untuk Hari ini kita bentuk dan kita kukuhkan Satgas TRC-IKB dalam rangka untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam kebencanaan," tambahnya.

"Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada satgas TRC-IKB yang sudah dikukuhkan dan selamat menjalankan tugas kemanusiaan," tutup Kundori.

Ketua TRC-IKB, Deddy Firmansyah (JZ21AVS) mengucapkan terima kasih karena telah di beri kepercayaan dan amanah sebagai Ketua TRC-IKB.

"Dengan amanah ini, saya beserta peserta lain yang sudah dilantik akan berusaha menjalankan tugas kemanusiaan ini, dan saya mohon dukungan dari semua pihak agar bisa mengemban organisasi sosial kemanusiaan ini," ujar Dedy Firmansyah.

Sementara itu, Laporan Ketua Panitia Kadarto (JZ21ALQ) mengatakan, Peserta pembukaan dan pengukuhan TRC-IKB adalah dari pengurus dan anggota RAPI, jajaran Forkopimda, unsur pemerintah melalui instansi terkait, kepala desa dan pengurus organisasi kemasyarakatan dan relawan.

"Peserta pelatihan kebencanaan sebanyak 50 orang, terdiri dari relawan TRC-IKB RAPI, organisasi kemasyarakatan dan relawan kemanusiaan masing-masing 2 orang," kata Kadarto.

Usai acara pengukuhan dilanjutkan Pelatihan Kebencanaan dengan narasumber dari BPBD Sekadau, Kabid Kebakaran Longkiat dan dari Polres Sekadau Kasat Samapta, IPTU Triyono. Peserta diberikan sertipikat sebagai bukti keikutsertaan. [tim]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini