|

Bupati Sekadau Resmi Buka Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Sekadau

Bupati Sekadau, Aron, saat membuka kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Sekadau. Foto:dn
Sekadau, 15 November 2023 - Bupati Sekadau, Aron, secara resmi membuka kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Sekadau di Gedung Kateketik, Jalan Merdeka Selatan, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, pada hari Rabu, 15 November 2023. Kegiatan yang diikuti oleh 48 kader Posyandu ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, yang jatuh pada tanggal 12 November 2023, dengan Tema Nasional "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju" dan Sub Tema "Menciptakan Kader yang Berkompeten dan Berperan Aktif Mewujudkan Desa Sehat Menuju Masyarakat Sekadau yang Maju, Sejahtera, dan Bermartabat".

Dalam sambutannya, Bupati Aron menjelaskan bahwa Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan oleh masyarakat untuk masyarakat dalam rangka pembeangunan kesehatan. Beliau menekankan pentingnya keberadaan Posyandu dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif serta meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif serta meningkatkan kesehatan masyarakat," ujar Bupati Aron.

Bupati Aron juga menyebutkan bahwa peran Posyandu semakin besar dengan adanya transformasi layanan primer. Posyandu saat ini memberikan layanan sesuai dengan siklus sekolah, usia sekolah dan remaja, usia dewasa, hingga usia Lansia. Pemerintah daerah, melalui Dinas Kesehatan, berkomitmen untuk membina para kader dengan meningkatkan kompetensi melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, sosialisasi, konsultasi, lomba, pemberian penghargaan, dan kegiatan jambore kader Posyandu.

"Kami berkomitmen untuk membina para kader dengan meningkatkan kompetensi melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, sosialisasi, konsultasi, lomba, pemberian penghargaan, dan kegiatan jambore kader Posyandu seperti yang akan kita laksanakan selama tiga hari kedepan," terang Bupati Aron.

Bupati Aron menjelaskan bahwa Jambore Kader Posyandu adalah kegiatan pertemuan serta pemberian apresiasi kepada kader sebagai ujung tombak kesehatan di tengah masyarakat. Harapannya, kegiatan ini dapat memicu semangat kader dalam memaksimalkan pelayanan di Posyandu untuk terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang optimal dan masyarakat yang mandiri, maju, sejahtera, dan bermartabat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aron memberikan apresiasi kepada semua kader Posyandu atas dedikasi mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

"Persentase stunting di Kabupaten Sekadau turun, semua ini atas perjuangan, kegigihan, dan kekompakan kita bersama. Hari ini bisa mencapai angka 17 persen dari 35 persen," tutup Bupati Aron dengan bangga. (asmi)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini