|

Gereja Agung Sekadau Diresmikan

Peresmian Gereja Agung Sekadau
SEKADAU -  Gereja Agung milik umat Katolik Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau diresmikan oleh Bupati Sekadau Aron, dan diberkati oleh uskup keuskupan Sanggau Mgr Julius Mencucini CP, Rabu (19/10/2022).

Ketua Panitia Pembangunan sekaligus Peresmian Paulus Lion mengatakan total anggaran untuk pembangunan gereja tersebut sebesar Rp. 45.000.000.000.

"Bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Sekadau  sebesar Rp. 31.599.918.300, Pemrov Kalbar Rp. 1600.000.000, Partisipasi umat (kring, Stasi, sekolah-sekolah, asrama, dan  donatur Rp.1.778.043.000, dan dari Keuskupan Sanggau 10.022.338.700," katanya.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur yang telah berpartisipasi dalam hal pembangunan gereja agung tersebut.

"Kami merasa bangga telah memiliki gereja baru ini. Semoga dengan adanya gereja ini iman kita semakin dikuatkan," ucapnya.

Bupati Sekadau Aron mengucapkan selamat atas peresmian gereja agung tersebut. Dengan bangun yang cukup megah, dirinya berharap agar kegiatan keagamaan difokuskan di gereja tersebut.

Dirinya juga mengatakan, dengan bantuan dari pemerintah daerah yang cukup besar dengan kualitas yang sangat luar biasa, dirinya sangat bangga dan mengapresiasi kepada panitia yang sudah bekerja untuk menyelesaikan pembangunan tersebut.

"Saya mengucapkan terimakasih dan selamat kepada umat atas Diresmikan gereja yang baru ini.
Dengan bantuan dari Pemda 31, 5 miliar ini dan cukup besar kami merasa puas dengan kualitas yang luar biasa ini kami sangat bangga," ucapnya.

"Gereja Agung, masjid agung, dan Cristian Center akan menjadi ikon Kabupaten Sekadau. Dan ini merupakan gereja yang terbesar di Kabupaten Sekadau," timpalnya.

Mewakili Gubernur Kalimantan Barat Kepala Desa Dukcapil Kalimantan Barat Yohanes Budiman mengucapkan selamat atas diresmikannya gereja agung kabupaten Sekadau.

"Untuk itu, umat tetap harus menyadari jangan pembangunan fisik yang utama, tetapi pembangunan mental dan pribadi semakin dapat menghayati nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara. Saya mengajak seluruh masyarakat Kalimantan barat agar kiranya dapat menyikapi perbedaan dalam hal pembinaan umat beragama," ajaknya.

Sementara itu, Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Julius Mencucini CP mengucapkan terimakasih yang telah mendukung dalam hal pembangunan gereja tersebut.

"Ini merupakan tanda umat mengasihi Allah dan tuhan, jangan sampai hari Minggu tidak diisi. Anda semua telah dipilih sebagai batu-batu hidup untuk mendirikan gereja ini. Jangan hanya gedung saja yang megah, agar tetapi bagaimana gereja ini bisa hidup dan umat terus berkembang," tutupnya.

Hadir dalam acara pembangunan gereja tersebut Wakil Bupati Sekadau Subandrio, Ketua PKK Kabupaten Sekadau Magdalena Susilawati Aron, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot beserta Ketua GOW Kabupaten Sanggau Kusbariah Ontot, Sekda Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Para imam, serta ribuan umat dari berbagai kring dan Stasi di Kabupaten Sekadau.[tim]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini