|

Bupati Aron Melantik Pimpinan Baznas Sekadau Periode 2023-2028

Pelantikan Pimpinan Baznas Kabupaten Sekadau periode 2023-2028 oleh Bupati Sekadau, Aron. Foto:am 

SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron, melantik Pimpinan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sekadau periode 2023-2028. Pelantikan Pimpinan Baznas Kabupaten Sekadau dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Ketua I Baznas Provinsi Kalimantan Barat, Khairul Rahman. 

Bupati Sekadau, Aron mengatakan pelantikan pada hari ini merupakan rangkaian dari sekian banyak seleksi Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Sekadau periode 2023-2028 yang merupakan tindaklanjut dari surat Ketua Baznas RI.

"Saya mengapresiasi kerja keras semua tim seleksi untuk melakukan tahapan-tahapan pemilihan pimpinan Baznas Kabupaten Sekadau secara terbuka sesuai peraturan Baznas Nomor 1 tahun 2019 tentang pengangkatan dan pemberhentian Baznas kabupaten/kota dan pelantikannya," jelas Bupati Aron.

"Untuk itu Baznas diharapkan dapat menjawab permasalahan-permasalahan umat secara cepat, tepat dan akuntabel," imbuhnya

"Kita melihat bahwa saat ini harapan masyarakat yang kurang mampu sangat sangat besar terhadap zakat sebagai akibat  kesulitan ekonomi yang terjadi. Oleh karena itu manfaat zakat, infaq dan sedekah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif  solusi pemecahan masalah kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat sekaligus untuk mewujudkan rasa keadilan sosial dalam kehidupan bermasyarakat," bebernya 

"Saya ingin menyampaikan beberapa hal kepada pimpinan Baznas yang baru dilantik, pada hari ini. Yang pertama memperhatikan kondisi yang dimiliki oleh umat Islam jika dibandingkan dengan jumlah umat Islam yang mengeluarkan zakat infaq dan sedekah masih relatif belum maksimal. Kedua, jika kita mampu menghimpun zakat infaq dan sedekah saya yakin umat Islam akan akan memiliki dana yang cukup besar untuk membantu masyarakat yang masih berada di bawah kemiskinan. Ketiga, zakat akan berdampak positif dalam menuntaskan kemiskinan karena dalam zakat telah jelas siapa saja yang berhak menerima zakat seperti golongan pakir dan miskin. Keempat, kami berharap pimpinan Baznas terpilih kelak bisa mengimplementasikan potensi diatas dalam membantu masyarakat kita secara khusus umat Islam di Kabupaten Sekadau. Pimpinan Baznas terpilih diharapkan bisa lebih meningkatkan sinergisitas dengan berbagai pihak pemangku kepentingan secara khusus dengan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau dan Kementrian Keagamaan Kabupaten Sekadau, program-program pemerintah kedepannya bisa terkoneksi dengan program-program Baznas," paparnya. 

Bupati Aron menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sekadau sangat mendukung program-program yang akan dijalankan Baznas Kabupaten Sekadau sesuai peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pengelolaan Baznas khususnya Kabupaten Sekadau. 

"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Baznas periode 2017-2022 yang telah bekerjasama dengan baik dengan pemerintah dan banyak hal yang telah dibuat oleh pimpinan sebelumnya. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih atas dedikasi bapak ibu sekalian dan juga saya ucapkan selamat kepada pimpinan baru periode 2023-2028," pungkasnya. 

Adapun lima pimpinan Baznas yang dilantik yaitu Drs. A Rusmin Nuryadin (Ketua), Dudun Sutadin (Wakil Ketua I), Kundori, S.Sos.I, M.Sos (Wakil Ketua II), Abdul Manan, S.Pd (Wakil Ketua III) dan Khaefani, S.Pd (Wakil Ketua IV).

Di penghujung acara penarikan, Baznas Kalbar juga menyerahkan bantuan kepada korban ambruknya jembatan gantung Nanga Mentukak, kecamatan Nanga Taman kabupaten Sekadau, sebesar Rp  28.275.411. Dana tersebut merupakan hasil dari donasi yang digalang Baznas se-Kalbar. (am) 

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini