|

Pemilu Damai Dergantung pada Tiga Hal

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio saat menghadiri kegiatan sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema "Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu Menjelang Pemilihan Umum Tahun 2024. (Foto:asmi)
Sekadau - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sekadau mengadakan sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema "Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu Menjelang Pemilihan Umum Tahun 2024". Acara ini berlangsung di salah satu aula hotel di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, pada Senin, 13 November 2023.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Marikun, menyampaikan urgensi partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam pemilu tahun 2024. Dalam sambutannya, Marikun mengatakan, "Tidak terasa Pemilu sebentar lagi, oleh karena itu kami mengajak semua lapisan masyarakat agar kita semua sama-sama melaksanakan pesta demokrasi 2024 mendatang."

Marikun juga menyoroti hasil Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang menempatkan Kabupaten Sekadau di peringkat keempat secara nasional terkait dengan masalah money politik. Selain itu, kabupaten ini juga masuk dalam delapan besar kategori kampanye di media sosial (Medsos) terkait dengan ujaran kebencian, isu SARA, dan berita hoaks.

"Kami dari Bawaslu mari kita sama-sama menekan masalah ini agar tidak terlaksana dan pemilu di Kabupaten Sekadau berjalan dengan aman dan lancar," ujar Marikun.

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, memberikan apresiasi terhadap kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sekadau. Ia menyatakan, "Pemilu adalah agenda nasional yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali untuk memilih pemimpin baik tingkat nasional maupun tingkat daerah. Peralihan pemilihan kepemimpinan tentu harus dilaksanakan secara damai. Damai tidaknya juga tergantung dari kita."

Subandrio menekankan bahwa keberhasilan pemilu yang damai bergantung pada penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan pengawas pemilu. "Pemilu damai tergantung pada tiga hal, pertama penyelenggara pemilu, kedua adalah peserta pemilu, dan yang ketiga adalah pengawas pemilu," tutup Wakil Bupati Sekadau, Subandrio. [asmi]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini